TIPS FOREX - 6, TIPS ORDER


TIPS ORDER SATU ARAH.
Jika anda hanya melakukan order satu arah tanpa antisipasi hedging, maka sebaiknya dengan menggunakan "Stop loss dan Exit Target".
  • Stop loss : Gunanya untuk meminimalisir kerugian, jika anda melakukan kesalahan order dan loss maka akan terclose otomatis sampai batas loss yang anda tetapkan. misalnya anda Buy EU di. 1.2960 dan ingin mengisikan stop loss 20 pips, maka isikan 1.2940 di bagian Exit Stop loss. untuk sell di 1.2960 maka stop lossnya di 1.2980
  • Exit Target: Gunanya agar jika anda memperoleh profit akan terclose sendiri jika sudah mencapai titik yang anda tetapkan. Contoh , Jika anda sell di 1.2960 dan targetnya 30 pips maka isikan 1.2930 dan jika Buy di 1.2960 maka Targetnya di 1.2990
  • Titik-Titik stop loss dan exit target juga bisa di tentukan dengan patokan titik-titik Res-Pivot-Support nya. Misalnya jika ambil order Sell di bawah res1, maka bisa di kasih stop loss sekitar 5-10 pips diatas Res1 dan target 5-10 pips diatas Pivot. atau jika order Buy maka bisa di beri stop loss 5-10 pips dibawah pivot dan Target 5-10 pips di bawah Res1.
  • Biasanya untuk GBP/USD bisa dengan SL=-40 dan TP: +20
Dengan cara ini akan otomatis terclose jika mencapai titik yang anda tetapkan walaupun anda tidak sedang online.

TIPS TRADING OTOMATIS DENGAN PENDING ORDER
Ada beberapa tips trading yang bisa anda ikuti yaitu berupa Tips AUTO TRADING , HEDGING dan Kombinasi Hedging:
  • Tips ini hanya dilakukan untuk satu Pair saja, terserah pair apa yang anda suka
  • Gunakan sekitar 10%-20% saja dari dana anda untuk setiap order
  • Anda tetap harus berpatokan pada Trend jangka panjangnya (Daily) dan mengetahui titik-titik support-pivot-resistant nya agar bisa memperkirakan titik-titik batas yang mungkin terjadi.
1. TIPS OUTOMATIC TRADING TANPA PREDIKSI.

Tips ini berupa cara melakukan trading dengan pending order type Stop pada 1 pair saja dengan nilai order yang sama besar ( Misalnya pair GBP/USD dengan Quantity masing-masing 1000), biasanya cukup baik mulai menjelang Market buka Misalnya sekitar jam 2-3 sore ketika Market EROPA mulai buka dan pergerakan harga biasanya mulai besar ( Jika market tetap belum bergerak signifikan maka bisa dilakukan menjelang USA open jam 7.30 malam)
misalnya untuk pair GBP/USD dengan posisi  bid :1.9420 dan offer: 1.9425 caranya sbb:

> Cara melakukan order otomatis tanpa Stop loss dan exit target sbb:
  • > Buatlah pending order type "Buy Stop" sekitar 15 pips diatas offer atau di: 1.9440
  • > Buatlah pending order "Sell Stop" sekitar 15 pips di bawah Bid atau di : 1.9405
  • > Anda juga bisa membuat "Sell Stop, Buy Stop" berdasarkan titik-titik Resistant-Pivot-Support seperti di bagian atas.
> Cara melakukan order otomatis dengan Stop loss (SL) dan Target Profit (TP):
  • Buat pending order type "Buy Stop" sekitar 15 pips di atas offer saat itu (di: 1.9445) lalu isikan Exit Stop loss nya sekitar -15 (di: 1.9405) dan Exit Target profit +30 sampai +50 ( mis di: 1.9475)
  • Buat pending order type "Sell Stop" sekitar 15 pips di bawah Bid saat itu (di: 1.9400) lalu isikan Exit Stop loss nya sekitar -15 (di: 1.9420) dan Exit Target profit +30 sampai +50 ( mis di: 1.9370)
  • Untuk teknik ini semua berjalan otomatis sebab telah disetting exit Stop loss dan target profitnya, walaupun ditinggal ofline amaka akan terclose sendiri oleh system jika terjadi order dan juga terjadi profit +30 atau terjadi loss -20. artinya jika profit maka anda akan memperoleh +30 pips tapi jika terjadi loss maka akan dibatasi hanya sampai -20 pips .
  • Untuk patokan Res-Pivot-Sup maka bisa setting SL atau TP nya seperti di bagian Res-Pivot-Sup.
SEdangkan untuk metode order tanpa Stop loss atau Exit Target profit maka:
Setelah market bergerak, Jika harga bergerak naik atau turun salah satu order anda akan tercapai dan ada 2 kemungkinan yang akan terjadi yaitu:
  1. Jika harga bergerak lurus misal naik terus /turun terus maka salah satu order anda akan aktif. jika harga bergerak naik terus maka pending order "Buy Stop" anda akan aktif , dan kalau sudah profit bisa anda close, Lalu segera batalkan (Cancel) pending order "Sell stop" anda. sebaliknya Jika harga turun terus maka "sell stop" anda yang akan aktif dan bila sudah profit bisa anda close. Segera batalkan pending order"Buy stop" anda. untuk order pagi hari biasanya bisa di close pagi juga. atau jika tidak maka bisa sore atau malam..
  2. Kemungkinan kedua jika harga bergerak naik-turun sehingga kedua pending order anda aktif maka akan terjadi minus (-35 pips) dan posisi order anda berlawanan arah ( Hedging), Posisi ini akan aman biar berapapun harga bergerak sebab jika 1 order profit maka order lain akan minus dan sebaliknya.

Jika terjadi seperti ini, anda harus menunggu sampai pasar bergerak cukup jauh menembus salah satu order. misalnya jika harga sudah naik cukup besar dan  jenuh/ada tanda mau turun maka anda bisa close  order "Buy" yang sudah profit, lalu tunggu order "Sell" anda sampai berkurang minusnya dan di close. yang penting adalah meminimalisir nilai minus/loss/rugi menjadi sekecil mungkin. Untuk kasus seperti ini bisa kita tunggu sampai sore atau malam  sekitar jam 9-10 saat market biasanya mulai jenuh baru bisa close.
Anda juga harus pelajari kebiasaan yang terjadi misalnya range high-low dalam sehari (biasanya bisa kita lihat malam hari pukul 8-9 malam). Untuk GBP/USD biasanya rangenya sekitar 100 Pips atau lebih dan jika ada news besar kadang bisa sampai 200 pips. Setelah anda tahu high-lownya dalam sehari : Misal kedua order anda tersentuh dan market turun sehingga  order buy anda mendapat profit maka bisa di close. dan sebagai antisipasi maka anda bisa membuat pending order kembali "Sell Stop" sekitar 10 pips di bawah titik "Low" hari tersebut. maksudnya jika harga masih terus menembus ke bawah maka akan terkunci kembali demi keamanan. Tapi bila tidak tersentuh dan harga berbalik arah maka anda bisa close order buy yang minus paling tidak jika bisa impas saja sudah bagus. Ini adalah langkah untuk meminimalisasi resiko.
KETERANGAN:
untuk jarak pending order bisa 15 pips sampai 40 pips tergantung pair yang anda pilih dan rangenya tiap hari. silahkan anda coba dulu dengan 15 pips atau 20 pips atau 30 pips. dan lihat hasil yang terbaik.

2. TIPS ORDER DENGAN METODE 2 ARAH ( HEDGING)

Tips ini dilakukan dengan langsung melakukan order "Buy dan Sell" secara bersamaan pada satu Pair dengan besar yang sama. Misalnya untuk GBP/USD  di : bid: 1.9420 dan offer: 1.9425
> Buat order "Buy" pada titik offer 1.9425
> Buat order "Sell" pada titik Bid 1.9420

Maka kedua order anda aktif dan berlawanan arah dengan total minus -10 ( Karena Spread GU -5), Anda tinggal menunggu pasar bergerak sehingga salah satu order akan profit dan satu minus, kemanapun harga bergerak maka selisihnya akan tetap yaitu -10. Anda bisa menunggu sampai pergerakan harga jenuh dan ada tanda balik arah. 
Misalnya jika harga naik terus dan sudah terlihat jenuh (Ada tanda mau turun) maka anda bisa close order "Buy" yang sudah Profit dan tunggu order"Sell" anda sampai berkurang minusnya lebih kecil dari profit yang anda dapat, baru bisa di Close.

Perhitungannya adalah jika anda bisa profit +100 point dan anda Loss/Rugi -80 point, maka anda tetap bisa profit 100-80 = 20 point.
Memang tidak besar tapi lebih aman, tak perlu prediksi dan bisa anda lakukan kapanpun, terutama jika pasar sideways/Naik turun saja.

  •  Anda bisa gunakan patokan Resistant-Pivot-Support untuk menentukan saat-saat close order. misal jika naik anda close 5 pips di bawah resistant dan buat lagi antisipasi dengan buy stop sekitar 10 pips diatas resistant untuk berjaga-jaga jika harga masih menembus titik resistant.
  • Anda juga harus pelajari kebiasaan yang terjadi misalnya range high-low dalam sehari (biasanya bisa kita lihat malam hari pukul 8-9 malam). Untuk GBP/USD biasanya rangenya sekitar 100 Pips atau lebih dan jika ada news besar kadang bisa sampai 200 pips, Anda bisa memanfaatkan kebiasaan ini untuk membuat target profit. Misalnya anda setting taret profit (TP)= 100 pips sehingga walaupun anda tidak online maka akan terclose sendiri jika mencapai 100 pips profit dan saat anda online harus menunggu sampai Loss nya kurang dari 100 pips untuk di close.
  •  Anda harus disiplin untuk melakukan close setiap hari agar mudah di pantau tiap hari. Setelah anda tahu high-lownya dalam sehari : Misal market turun sehingga  order sell anda mendapat profit maka bisa di close. dan sebagai antisipasi maka anda bisa membuat pending order kembali "Sell Stop" sekitar 10 pips di bawah titik "Low" hari tersebut. maksudnya jika harga masih terus menembus ke bawah maka akan terkunci kembali demi keamanan. Tapi bila tidak tersentuh dan harga berbalik arah maka anda bisa close order buy yang minus jika sudah lebih kecil dari profit yang anda peroleh.
Waktu: Agar lebih Mudah maka anda bisa mulai order di pagi hari, Lalu di cek kembali malam hari sekitar pukul 7-9 malam sebab biasanya sudah terjadi range harian dan high-lownya.

3. TIPS KOMBINASI HEDGING
Jika anda sudah melihat kecenderungan pasar, misalnya trend hourly dan dailynya naik, lalu pada saat anda online trend juga masih terlihat naik atau sebaliknya, yang jelas anda sudah bisa melihat kecenderungan trend yang terjadi. maka anda bisa ambil order langsung sesuai trend dengan antisipasi order type Stop yang berlawanan misalnya:

  • Jika anda merasa harga akan naik, maka bisa langsung melakukan order "Buy" dan sebagai antisipasinya anda bisa mengambil pending order "Sell Stop" sekitar 30-50 pips di bawah order Buy anda. Jika prediksi anda benar maka anda akan langsung profit dan bisa close ( Jangan Lupa Cancel "Sell Stop" nya). tapi jika salah maka pending order anda akan aktif dan mengunci posisi agar kerugian anda bisa di minimalkan, anda bisa terapkan langkah seperti pada Tips automatic trading langkah kedua.
  • Jika anda prediksi harga turun, maka bisa langsung order"Sell" dan atisipasi dengan "Buy Stop" sekitar 30-50 pips di atas order sell anda. Jika harga memang turun terus dan profit maka anda bisa close ( Jangan lupa Cancel "Buy Stop" Nya), Tapi jika prediksi anda salah dan harga malah naik maka posisi akan terkunci. dan ikuti langkah seperti di bagian Tips Automatic Trading.

CATATAN:
Selain teknik diatas, masih ada beberapa hal yang berpengaruh pada pergerakan market misalnya NEWS Berupa Berita-berita ekonomi politik dll.


gratiss USD 100$ disini (Tunggu beberapa detik, klik SKIP AD)

Baca juga :

2 comments:

Unknown said...

szebagai trader kita harus berupaya disiplin dengan trading yang kita lakukan sehingga nantinya kita bisa menghasilkan ekuntungan yang optimal dan sekarang ini dengan disiplin saya bisa menghasilkan profit dalam trading yang saya lakukan di octafx dengan melakukan penarikan dana dengan bank lokal tanpa ada fee

Anonymous said...

Halo Admin,

Selamat pagi,
Saya Nando dari ForexMart.
Kami adalah perusahaan broker forex teregulasi dari Eropa (CySec dan MiFid).
Saya ingin mendiskusikan mengenai hubungan kerjasama(online partnership) program afiliasi yang menguntungkan terkait halaman website penghasilaninternetku.
Kami memiliki spesifikasi kemitraan dan link afiliasi untuk mempermudah administrator dan memungkinkan untuk mendapatkan $10 dari setiap lot standar referral yang melakukan trading.
Apabila Anda berkenan dapat menghubungi saya melalui email atau skype.
Kami akan sangat senang untuk dapat memulai kerjasama dengan anda.

Terima kasih

Regards,
Nando
Business Development
ForexMart
www.forexmart.com
Skype: nando.forexmart
facebook: Nando ForexMart

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online
EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!
Powered by Blogger.
Klik VSI Yusuf Mansur

Klik Aja :)

Total Pageviews

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online